Rabu, 08 Februari 2012

PENERAPAN ASAS BELAJAR MELALUI INTERAKSI LINGKUNGAN


Pada bagian ini diuraikan 14 asas pembelajaran yang dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program pembelajaran inovatif. Keempat belas asas tersebut adalah:
1.   Lima prinsip dasar dalam pemenuhan hak anak:
(a)    Non-diskriminasi,
(b)   Kepentingan terbaik bagi anak (best interests of the child),
(c)    Hak untuk hidup dan berkembang (right to life, continuity of life and to develop),
(d)   Hak atas perlindungan (right to protection),
(e)    Penghargaan terhadap pendapat anak (respect for the opinions of children).
2.   Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam benak siswa.
3.   Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri.
4.   Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif.
5.   Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan, dan membahasnya dengan orang lain.
6.   Aktivitas pembelajaran pada diri siswa bercirikan:
(a)    yang saya dengar, saya lupa;
(b)   yang saya dengar dan lihat, saya sedikit ingat;
(c)    yang saya dengar, lihat, dan pertanyakan atau diskusikan dengan orang lain, saya mulai pahami;
(d)   yang saya dengar, lihat, bahas, dan terapkan, saya dapatkan pengetahuan dan keterampilan; dan
(e)    yang saya ajarkan kepada orang lain, saya kuasai.
7.   John Holt (1967) proses belajar akan meningkat jika siswa diminta untuk melakukan hal-hal:
(a)    Mengemukakan kembali informasi dengan kata-kata sendiri,
(b)   Memberikan contoh,
(c)    Mengenalinya dalam bermacam bentuk dan situasi,
(d)   Melihat kaitan antara informasi itu dengan fakta atau gagasan lain,
(e)    Menggunakannya dengan beragam cara,
(f)    Memprediksikan sejumlah konsekuensinya,
(g)   Menyebuitkan lawan atau kebalikannya.








8.   Ada 9 konteks yang melingkupi siswa dalam belajar:
(a)    tujuan,
(b)   isi materi,
(c)    sumber belajar (sumber belajar bagaimanakah yang dapat dimanfaatkan),
(d)   target siswa (siapa yang akan belajar),
(e)    guru,
(f)    strategi pembelajaran,
(g)   hasil (bagaimana hasil pembelajaran akan diukur),
(h)   kematangan (apakah siswa telah siap dengan hadirnya sebuah konsep atau pengetahuan),
(i)     lingkungan (dalam lingkungan yang bagaimana siswa belajar).

9.   Kata kunci pembelajaran agar bermakna:
a)   Real-world learning,
b)   Mengutamakan pengalaman nyata,
c)   Berpikir tingkat tinggi,
d)  Berpusat pada siswa,
e)   Siswa aktif, kritis, dan kreatif,
f)    Pengetahuan bermakna dalam kehidupan,
g)   Dekat dengan kehidupan nyata,
h)   Perubahan perilaku,
i)     Siswa praktik, bukan menghafal,
j)     Learning, bukan teaching,
k)   Pendidikan bukan pengajaran,
l)     Pembentukan manusia,
m) Memecahkan masalah,
n)   Siswa acting, guru mengarahkan,
o)   Hasil belajar diukur dengan berbagai cara bukan hanya dengan tes.
10.           Pembelajaran yang memperhatikan dimensi auditori dan visual, pesan yang diberikan akan menjadi lebih kuat.
11.           Otak tidak sekadar menerima informasi, tetapi juga mengolahnya melalui membahas informasi dengan orang lain dan juga mengajukan pertanyaan tentang hal yang dibahas.
12.           Otak kita perlu mengaitkan antara apa yang diajarkan kepada kita dengan apa yang telah kita ketahui dan dengan cara kita berpikir.
13.           Proses belajar harus mengakomodasi tipe-tipe belajar siswa (auditori, visual, kinestetik)
14.           Resiprositas (kebutuhan mendalam manusia untuk merespon orang lain dan untuk bekerja sama) merupakan sumber motivasi yang bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi kegiatan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar